Monday, March 19, 2012

Tomcat: Malware, pesawat Tempur, atau Serangga?

Pesawat Tomcat

Pertamakali, saya mendengar tomcat yang menyerang orang-orang yang ada di wilayah Surabaya secara samar-samar. Tomcat apaan sih...? tanya suhu gugel jawabnya..
Ternyata tomcat dipakai dalam tiga istilah, yaitu Tomcat malware di apache server,  pesawat tempur Tomcat, dan Serangga Tomcat. Dan... yang terakhir ini yang sedang heboh dibicarakan, serangga bernama tomcat.
beberapa pekan ini, bebarengan dengan heboh kenaikan BBM, serangga tomcat menjadi perbincangan di media. Faktanya hewan ini memang mengerikan, seluruh tubuhnya mengandung racun yan jika terkena kulit manusia bisa mengakibatkan kulit bengkak kemerahan karena gatal dan panas.
serangga "Tomcat"
Salah satu kota yang terserang tomcat adalah Yogyakarta, dan salah satu korbannya adalah saya beserta dua orang penghuni kost. Tempat tinggal saya memang berhadapan langsung dengan sawah. kebetulan sawah tersebut memang sedang tidak ditanami padi oleh pemiliknya, konon, serangga tomcat gemar tumbuh kembang di area sawah pasca panen.
jadilah kos kami kebanjiran tomcat, tamu tak diundang :). memang awalnya kami tak menyadari berdekataan dengaan tomcat, kami pikir jogja dan surabaya amat jauh dan heboh bahaya tomcat cuma ada di televisi. Baru setelah merasakan rasa gatal dan panas, disusul dengan penemuan si hewan belang hitam merah, penghuni kos mulai heboh. mulai memburu tomcat lalu membunuhnya. ternyata membunuh tomcat bukan berarti membunuh racunnya, dalam diri tomcat mengandung racun, meski dibunuh racunnya tetap bekerja dan menyebar. cara ang paling efektif adalah menangkap tomcat ke dalam plastik lalu tutup rapat dan buang ke tempat sampah. usahakan tidak kontak langsung dengan serangga ini. jika ada kontak langsung, segera cuci bersih dengan sabun.
Serangga tomcat terkesan menakutkan kerena efek gembar gembor media. sebenarnya serangga ini baik kok. ia sahabat petani pembasmi hama wereng yang mengganggu tanaman. mungkin karena habitatnya terganggu dan ekosistemnya tidak seimbang ia berbalik menyerang manusia.
Anehnya, meski hewan ini ada sedari dulu kenapa baru gencar diberitakan media? dan kenapa racun tomcat lebih ganas dari sebelumnya? mungkin tidak ya.. kalau tomcat ini sengaja dibuat-buat oleh pihak yang memiliki kepentingan untuk membelokkan perhatiaan khalayak. Serangga ini direkayasa genenetik lalu disebar di kota-kota besar basis pendemo kenaikan BBM. bisa jadi....

No comments:

Post a Comment

toelis komentarmu