Saturday, March 12, 2011

Jelajah Timur Pulau Jawa part #1

Taman Nasional Baluran

gunung Baluran dari atas menara
Perjalanan ke ujung timur pulau jawa kami awali sekitar jam 03.00 dari Yogya, melewati jalur Japanan (mojokerto) untuk menghindari kemacetan-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo dan berhenti di pos masuk taman nasional di Batangan. Taman Nasional Baluran terletak di jalur lintas banyuwangi dan bisa dijangkau dengan kendaraan umum, terletak di ujung timur kabupaten Situbondo tepatnya.

Sesampai di pintu utama taman nasional kami langsung disambut hangat oleh petugas jaga, namanya pak Tikno. Awalnya, kami tidak diperbolehkan untuk masuk karena jam berkunjung sudah lewat. jam berkunjung taman nasional 08.00-17.00. Karena kami datang jauh-jauh dari luar provinsi, akhirnya diijinkan masuk menuju penginapan di Bekol. Asikkkkk...

Pengojek yang mengantarkan kami cukup ramah, tahu segala macam cerita tentang Baluran ini. Malam hari di Baluran gelap gulita tanpa sinar lampu, bulan pun enggan nampak tertutup mendung. sepertinya bukan waktu yang tepat untuk berkunjung. Hiks...hujan deraspun turun, membuat sepeda motor yang kami tumpangi berkali-kali tergelincir, ber-offroad ria

@Bekol

Sesampai di Bekol, tak ada penginapan yang tersedia buat kami, tapi petugas setempat memberi tempat di aula. Alhamdulillah... gratis cring***. ternyata disana kami tidak sendiri, ada 7 mahasiswa IPB yang sedang melakukan penelitian di TN Baluran.

Pagi menjelang, Suara berbagai satwa bersahutan, ada berbagai burung, ayam hutan, dan monyet. Semuanya mempesona, menciptakan sebuah harmoni pagi. Harmoni seperti ini belum ada di tempat lain tentunya. Menemui mentari, kami berkesempatan untuk melihat pemandangan TN Baluran dari ketinggian menara yang ada di Bekol. Pada musim kemarau, dari menara Bekol kita bisa menyaksikan gerombolan rusa, kerbau, Monyet, banteng dan satwa lainnya. Luar biasa (cuma bisa berimajinasi ^^)

Perjalanan kami lanjutkan ke Pantai Bama dan sekitarnya, kami ingin melihat kehidupan penghuni bawah laut dan matahari tenggelam (hiks.. tidak sesuai rencana karena cuaca). Kami berjalan sejauh 3-4 KM ke arah timur, perjalan ditempuh selama 1,5 jam. Sembari berjalan, kami bisa menikmati kehidupan satwa dan keindahan flora Baluran. Sayangnya, karakter satwa Baluran pemalu, mereka akan segera undur diri jika bertemu manusia. Kecuali monyet yang ada di sekitar pantai Bama, mereka agresif jika ada pengunjung yang menenteng bawaan.

Kriting kakinya ^^
Sesampai di Pantai Bama, banyak alternatif tempat yang bisa kita kunjungi, tapi kami memutuskan menuju pos Bama terlebih dahulu untuk menurunkan beban mengisi perut di kantin. Ternyata kami terpesona dengan keelokan pantai Bama, berenang dan snorkling saja. Sayang sekali, cuaca tidak seiya dengan keinginan kami, hujan deras mengguyur pantai Bama. Membuat matahari tak sudi membuat senja. Hahhhhh... demi kekompakan kita sudahi saja petualangan di pantai Bama dan TN Baluran (Sedikit nyesel meninggalkan Baluran.. hiks).

Perjalanan selanjutnya kami lanjutkan menuju Kawah Ijen. Isi kantong mulai kempes, untungnya ada yang berbaik hati memberi tumpangan kendaraan buat kami menuju Batangan. Mereka adalah sekumpulan "keluarga stress" (mereka yang bilang sendiri lho...*) yang sedang berlibur di Bama. Asik.. mereka semua ramah dan penuh tawa ^^

Budget dr Yogja
  • Bus Yogya-Batangan: Rp 81.000
  • Ojek dari Batangan menuju Bekol: Rp 30.000
  • Penginapan : Rp 35.000 atau, 50.000 atau, 75.000 (pilihlah sesuai kemampuan kantong*)
  • harga menu makanan di sekitar batangan berkisar 15.000 per porsi
  • harga menu di kantin juga sangat bersahabat dengan isi kantong.
  • Sewa peralatan snorkling lengkap Rp 25.000 di pantai Bama
........cringggg*** cring***...

Tips:
  • Pemandangan di Taman Nasional Baluran terbaik dilihat pada musim kemarau, aktivitas fauna terpusat di sekitar savana bekol. Pemandangan Baluran di musim kemarau mirip dengan Afrika. Selain itu, anda juga dapat menikmati sunset menawan di pantai Bama.
  • Jika ingin menghemat biaya tranportasi, datanglah pada pagi hari sebelum mobil pickup yang mengangkut para pekerja lewat menuju pedalaman. anda bisa menumpang sambil menikmati pemandangan flora fauna TN Baluran.
  • Penginapan di TN Baluran terbatas, jika ingin mendapat tempat menginap jangan berkunjung saat hari libur.
  • Bawalah persediaan makanan, karena di penginapan Bekol stok makanan terbatas, di Pantai Bama cukup aman.
  • cari-cari informasi di http://www.balurannationalpark.web.id/ agar terencana matang