Saturday, September 3, 2011

Mengunjungi Jalasutra

Sejak dulu saya suka pantai, semenjak kaki-kaki kecilku menapaki pasir dan dijilati ombak pantai. Merasakan seretan ombak dan berburu karang.  Kali ini saya bersama Nely mengujungi pantai yang berada di kabupaten Sebelah, sekitar 1,5 jam perjalan dari rumah saya di Kalipare. 

Pantai Jalasutra merupakan pariwisata pantai yang menjadi andalan kabupaten Blitar saat ini. Lokasi pantai ini ada di kecamatan Wates, bertetangga dengan kecamatan Donomulyo, Malang. Lokasi pantainya berada di balik bukit-bukit indah lahan pertanian warga disana. Kadang warna bukitnya hijau, kuning atau coklat. Warnanya tergantung musim bertani tentunya :).

Jam menunjukkan 15.00 saat saya dan Nely sampai di ujung selatan kecamatan Tugurejo. Di hadapan kami terlihat gundukan bukit-bukit indah. Menuju pantai Jalasutra kami harus melalui jalan satu-satunya hingga ke balik bukit itu. Menaiki jalanan lembah lalu turun lembah dan mengikuti irama kelokan bukit menuju pantai selatan merupakan pengalaman seru bagi saya. Pemandangan sekitarnya juga tak kalah cantik dengan pantainya.  

Dari atas bukit, pantai Jalasutra sudah terlihat, biru air laut dan suara deburan ombak mendominasi pandangan mata. JEPRET!
Motor yang membawa kami sudah sampai di bibir pantai berpasir coklat. Jam 3 sore udara pantai tak terlalu panas sehingga tak perlu khawatir dehidrasi atau kulit hitam :).

Di pantai sudah ada banyak muda-mudi dan rombongan yang menikmati alam pantai. Menjajal ombak pantai dan bermain pasir. Berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya, di pantai Jalasutra terdapat banyak batu andesit yang sering kita jumpai di kali.

overall pantai Jalasutra indah, panorama sebelum menuju pantai ini juga indah. Apalagi jika anda pergi ke pantai di sore hari dan kembali sebelum petang. Kita bisa menikmati senja dari atas bukit.

Akses menuju pantai ini cukup mudah dari papan petunjuk di Kesamben, jalan raya Blitar-Malang ke arah selatan terus. Banyak papan penunjuk yang menjamin kita tidak tersesat, kalau ragu tanya saja pada penduduk setempat.

Retribusi masuk : 1500,- perorang
Parkir                 : 2000,- permotor

bukit indah sebelum pantai jalasutra
dari atas bukit

senja
senja di bukit




2 comments:

  1. This is good posting!!! by http://twitter.com/GlobalAutoMoney

    ReplyDelete
  2. slm kenal plend..?kunjungan perdana sy dr hadi_balakosa twiters
    knlkan blog gue yg msh bljr
    https://sites.google.com/site/siagapulsabanyuwangi

    ReplyDelete

toelis komentarmu