Monday, February 22, 2010

Mengunjungi Candi Plaosan

Komplek Candi Plaosan Lor
Sudah agak basi sih beritanyaalias tidak memenuhi standar berita. Tapi anggap saja ini adalah sebuah cerita yang menarik menu rutku untuk diceritakan.


Hari itu, Sabtu 7 februari, aq bersama Bang Jay blusukan mencari candi yang memang tidak begitu dikenal orang layaknya Prambanan. Kita putuskan untuk bertandang ke candi Plaosan, selain dekat dari tempat kita berpijak, candi Plaosan juga tak kalah elok dibanding candi Hindu yang lain. Di saat cuaca mendung menyimpan hujan, kita nekat berangkat setelah mendapatkan info rute menuju candi Plaosan dari sebuah blog. Sesuai dengan dugaanku, letak candi Plaosan tidak jauh-jauh amat dari candi Prambanan.
Untuk menuju candi Plaosan, dari Jogja, ikuti saja arah jalan menuju Klaten, setelah satu lampu merah dari Prambanan ada papan petunjuk menuju jalan Manisrenggo. Ikuti arah jalan Manisrenggo sampai menemukan gedung dinas purbakala di kiri jalan, nha.. di kanan jalan candi Plaosan lor sudah terlihat. mudah bukan...
Setelah sampai di lokasi candi, ada pos penjagaan. Para pengunjung diharap mengisi daftar pengunjung dan memberi retribusi masuk candi seikhlasnya. CRingg...**
Komplek Candi Plaosan Kidul
Di area candi Plaosan ada dua lokasi candi yang dipisahkan oleh parit, Plaosan Lor (utara) dan kidul (selatan). Keduanya memiliki arsitektur yang berbeda. Plaosan Lor berupa dua bangunan candi besar beraksitektur sama, boleh pula disebut kembar. Di sekitar bangunan utama candi Plaosan Lor ada reruntuhan candi yang mengelilingi keduanya. anehnya ada pula banyak bangunan stupa diantara candi perwara, jumlah keduanya seimbang. Dalam candi ada arca-arca yang dipisahkan oleh tiga ruangan dan selayaknya rumah candi ini dilengkapi dengan jendela. Sementara Plaosan kidul terdiri dari banyak candi kecil-kecil (lupa ngitung...^_^). Sepertinya candi ini memang masih ada yang terpendam di tanah.
Selesai puas mengintari candi dan foto-foto, kita beranjak pulang karena hari sudah sore, hujan pula. eh ada satu lagi... mampir ke candi Kalasan yang letaknya searah dengan jalan pulang. (sebenarnya merasa gengsi karena hampir lima tahun tinggal di jogja tapi tak pernah sekalipun menyaksikan candi Kalasan yang letaknya di pinggir jalan besar, hehehehe.. ternyata bagus juga)

2 comments:

  1. wisata budaya...........ide briliant. ternyata masih ada nak muda yang tertarik dengan peninggalan purbakala.

    ReplyDelete
  2. terima kasih... mari lestarikan benda cagar budaya kita.

    ReplyDelete

toelis komentarmu